Apa Itu Reproduksi?

Apa yang terlintas di pikiran Anda jika pertama kali mendengar kata REPRODUKSI? Reproduksi adalah suatu proses biologis di mana individu organisme baru diproduksi. Cara reproduksi secara umum dibagi menjadi dua jenis: seksual dan aseksual. Namun, pada blog ini kami hanya akan membahas reproduksi seksual, khususnya pada manusia.
Reproduksi seksual pada manusia membutuhkan keterlibatan dua individu dari jenis kelamin yang berbeda, yaitu laki- laki dan perempuan. Secara otomatis, karena jenis kelaminnya berbeda, alat reproduksinya pun berbeda juga.


Alat Kelamin Pria


Alat kelamin pria adalah sepasang testis yang memiliki saluran untuk menyimpan dan mengangkut sperma ke luar tubuh melalui penis. Selain menghasilkan sperma, testis berfungsi sebagai kelenjar endokrin yang menghasilkan hormon androgen, yaitu testosteron.
Testosteron berfungsi menimbulkan dan memelihara kelangsungan tanda-tanda kelamin sekunder. Misalnya suaranya membesar, mempunyai kumis, dan jakun.




Alat Kelamin Wanita

ALAT REPRODUKSI LUAR

Alat reproduksi luar wanita terdiri dari vulva (celah kemaluan), klitoris, dan himen (selaput dara).

a.Vulva
Vulva merupakan celah paling luar dari alat kelamin wanita. Celah ini dibatasi oleh sepasang bibir, yaitu bibir kanan dan bibir kiri yang disebut labia pudendi.

b. Klitoris
Klitoris merupakan tonjolan kecil yang terdapat dibagian depan dari vulva. Klitoris menyokong sebuah glands atau kepala yang bundar dan ditutupi oleh tudung kecil, yaitu preputium.


c. Himen
Himen (selaput dara) terletak pada daerah dekat saluran ujung vagina. Himen merupakan selaput mukosa yang banyak mengandung pembuluh darah.

ALAT REPRODUKSI DALAM



Alat reproduksi dalam wanita terdiri dari ovarium, saluran reproduksi, uterus dan vagina.

a. Ovarium
Ovarium terletak pada daerah pinggang sebelah kiri dan kanan. Di dalam ovarium terdapat kelenjar endokrin penghasil hormon dan sel tubuh sebagao penghasil ovum (sel telur).

b. Saluran Reproduksi
Saluran reproduksi pada wanita adalah oviduk atau tuba falopi. Oviduk merupakan tempat terjadinya fertilisasi.


Fertilisasi akan menghasilkan zigot yang akan bergerak menuju uterus. Gerakan zigot menuju uterus dibantu oleh silia pada oviduk dan gerak otot dinding oviduk.

0 komentar:

Posting Komentar

About this blog

Pengikut